Abstract:
Studi ini untuk menganalisis dampak dari model pembelajaran Group Investigation
yang memanfaatkan media video untuk hasil belajar siswa di SB Kampung Baru,
Malaysia. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 17 siswa
kelas IV sebagai sampel. Instrumen yang diterapkan berbentuk soal pilihan ganda yang
mencakup 20 item untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan siswa secara
komprehensif. Hasil penelitian mengindikasikan adanya peningkatan yang substansial
dalam hasil belajar siswa setelah pelaksanaan model Group Investigation. Rata-rata
nilai pre-test siswa yang awalnya 72,54 meningkat menjadi 85,69 pada post-test, yang
menunjukkan efektivitas model pembelajaran yang digunakan. Uji signifikansi (2
tailed) menghasilkan nilai 0,00, lebih kecil dari 0,05, (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.
Hasil ini mendukung argumen bahwa penerapan model pembelajaran Group
Investigation yang disertai dengan media video tidak hanya efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga berkontribusi pada terbentuknya
suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif.