Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media finger
puppets terhadap kemampuan menyimak siswa di Sanggar Bimbingan
Muhammadiyah Kampung Bharu Malaysia pada materi kekayaan budaya
Indonesia. Siswa sulit menyimak materi pembelajaran yang diberikan oleh
guru. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode pre
experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumah 15 siswa
yang dijadikan sekaligus sebagai sampel penelitian. Instrumen
yangdigunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi terhadap
kemampuan menyimak siswa. Validitas instrument penelitian diujikan
dengan expert judgemnet dengan menilai kelayakan atas instrument
penelitian. Teknik analisis data yang dilakukkan adalah uji-t dengan
hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (H0) ditolak hipotesis dilakukkan
dengan menggunakan perangkat lunak statistical package for the social
science (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum
diberikannya perlakuan memperoleh nilai rata-rata sebesar 65,86 kemudian
setelah diberikannya perlakuan memperoeh nilai rata-rata sebesar 86,73.
Hasil Analisis uji-t menghasilkan nilai signifikansi 0,000 dengan df 15 dengan
taraf signifikansi kurang dari (< 0,05), yang mengindikasikan bahwa H0
ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukkan
membuktikan bahwa terdapat pengaruh media finger puppets terhadap
kemampuan menyimak siswa kelas IV disanggar Bimbingan
Muhamamdiyah Kampung Bharu Malaysia.