dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Round Club yang dipadukan dengan media Youtube terhadap kemampuan siswa dalam mengenali unsur-unsur cerita fiksi pada kelas VIII SMP Setia Nurul Azmi Medan. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita fiksi akibat penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang menarik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen, menggunakan jenis Nonequivalent Control Group Desain. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu VIII-A sebagai kelompok eksperimen dan VIII-C sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes esai yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerita fiksi. Dari hasil analisis data, diperoleh perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi dari uji-t sebesar 0,01 < 0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model Round Club berbantuan media Youtube terhadap kemampuan siswa dalam mengenali unsur-unsur cerita fiksi. |
en_US |