Abstract:
Permasalahan pada penelitian ini dapat dilihat dari tanggapan beberapa pelanggan
mengenai rendahnya kepuasan yang mereka rasakan dan enggan menjadi pelanggan
loyal, hal ini dirkarenakan kualitas produk dan layanan yang mereka rasakan belum
cukup untuk memenuhi ekspetasi mereka sebagai konsumen. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah kualitas layanan berpengaruh
terhadap loyalitas pelanggan, apakah kualitas produk berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan, apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan, apakah kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan,
apakah kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, apakah
kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan
pelanggan dan apakah kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan
melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang
dilakukan merupakan penelitian kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan
teknik kuota sampling, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket,
teknik analisis data menggunakan SEM PLS dengan aplikasi SmartPLS. Hasil
penelitian ini membuktikan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas layanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas layanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai
variabel intervening, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel
intervening pada Cafe Al Nazwa medan.