dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran Projeck Based Learning terhadap kemampuan menulis surat dinas
oleh siswa kelas VII SMP Pelita Medan,2) untuk mengetahui kemampuan menulis
surat dinas tanpa menggunakan model pembelajarann Projeck Based Learning
dalam menulis surat dinas, 3) untuk mengetahui pengaruh model Projeck Based
Learning dalam menulis surat dinas. Dalam penelitian ini memiliki beberapa
masalah yaitu : 1) Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis surat dinas
dengan menggunakan model pembelajaran Projeck Based Learning pada siswa
kelas VII SMP Pelita Medan ,2) bagaimana kemampuan siswa dalam menulis
surat dinas tanpa menggunakan model pembelajaran Projeck Based Learning
terhadap kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VII Pelita Medan, 3)
apakah ada pengaruh model pembelajaran projeck based learning dalam
kemampuan siswa dalam menulis surat dinaspada siswa kelas VII Pelita Medan
tahun pemebalajaran 2022-2023. Penelitian ini meruapakan penelitian kuantitatif
dimana peneltian ini akan menghitung kemampuan menulis surat dinas. Populasi
dalam penelitian ini terdiri dari kelas VII A dan VII B. Jumlah siswa dalam
penelitian ini berjumlah 54 siswa kelas kontrol dan 54 siswa kelas Eksperimen.
Pada kelas kontrol terdapat nilai rata-rata 70,23 dan pada kelas eksperimen nilai
rata-rata 92,31. Rincian nilai dalam kelas kontrol 56-70= 24 siswa (44%) dan nilai
40-55=30 siswa (55%). Sedangkan nilai pada eksperimen 86-100=44siswa
(81,4%) dan nilai 71-85=10 siswa (18,5%). Hasil uhi hipotesis diperoleh
�
�ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 =12,67,selanjutnya harga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ini dibandingkan taraf signifikan α=5%
dengan Db=𝑛1 + 𝑛2 −2 = 106 maka diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,983. Dapat diketahui
bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 12,67 > 1,983 maha 𝐻𝑎 diterima dengan hipotesis
ada pengaruh pembelajaran Projeck Based Learning terhadap kemampuan
menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Pelita Medan tahun pembelajaran
2023-2024. |
en_US |