Research Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PERTANYAAN PADA PROSES PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Pinayungan, Darwin Suganda
dc.date.accessioned 2025-10-01T07:10:57Z
dc.date.available 2025-10-01T07:10:57Z
dc.date.issued 2025-07-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28699
dc.description.abstract Penulis ini didasarkan pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah 12 Medan yang mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran IPAS. Gejala kesulitan belajar ditandai dengan hasil belajar yang buruk atau di bawah standar. Pembelajaran IPAS terpadu adalah pembelajaran yang dikemas dalam bentuk tema-tema yang didasarkan pada muatan beberapa mata pelajaran yang dipadukan atau diintegrasikan. Problem ini tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran IPAS pada kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan observasi, wawancara dengan guru, siswa, dan orang tua mereka. Penelitian ini menemukan bahwabagaimana siswa menghadapi tantangan belajar dalam pembelajaran IPAS dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Siswa menunjukkan sikap yang tidak wajar (sosial). Pencapaian akademik mereka rendah. Siswa menghadapi kesulitan membuat pemahaman baru (metacognition), kecepatan pemrosesan yang lambat, dan kesulitan menafsirkan apa yang dirasakan, didengar, dan dilihat. (Persepsi). Siswa kurang perhatian dan fokus saat belajar (Attention). Mereka juga terlibat dalam terlalu banyak kegiatan yang tidak bermanfaat, sehingga sulit untuk mengingat materi pelajaran (Memory). Faktor internal dan eksternal mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Faktor internal termasuk kurangnya perhatian dalam belajar (konsetrasi), kurangnya partisipasi dan respons siswa dalam kegiatan belajar (reaksi), lambatnya pemahaman siswa (pemahaman), dan nilai ulangan yang tidak tuntas. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Siswa yang mengalami kesulitan belajar en_US
dc.subject Pembelajaran IPAS en_US
dc.title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN PERTANYAAN PADA PROSES PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account