dc.description.abstract |
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development )
yang menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran monopoli pintar
pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD PAB 25 Medan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media monopoli
pintar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD PAB 25 Medan, untuk
mengkaji kevalidan media monopili pintar pada pembelajaran Bahasa Indonesia
di SD PAB 25 Medan, untuk mengkaji kepraktisan media monopoli pintar pada
pembelajaran Bahasa Indonesia di SD PAB 25. Penelitian ini menggunakan
model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation.
Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu validator
ahli materi 96% “sangat valid”, dan ahli desain media 98% “sangat valid. Pada
kepraktisan pendidik yang diambil dari respon guru mendapatkan 92% ”sangat
praktis”. Pada uji coba yang dilakukan pada kelas IV SD PAB 25 Medan dengan
jumlah siswa 27 orang. Dari seluruh respon siswa mendapatkan 89% dengan
kategori “sangat praktis”. |
en_US |