Abstract:
Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media komik digital
terhadap kemampuan membaca siswa usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen, yaitu One Group Pretest-Posttest
Design. Sampel penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas III pada salah satu Sanggar di
Malaysia melalui metode purposive sampling. Hasil analisis uji sampel berpasangan
menunjukkan nilai signifikan (2s) 0,000 & LT. 0,05. Dari hasil tersebut, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan media komik digital
dan keterampilan membaca siswa kelas III. Penelitian ini mengindikasikan bahwa media
komik digital memiliki peran positif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa.
Selain itu, media komik digital dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menghubungkan
materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa. Kontribusi utama penelitian ini terletak pada pembuktian empiris
mengenai integrasi media visual naratif berupa komik digital yang mampu meningkatkan
minat dan pemahaman siswa atas suatu bacaan. Hal tersebut memberikan peluang bagi
pengembangan media pembelajaran yang kontekstual dan kreatif dalam proses
pembelajaran pada tingkat pendidikan dasar.