Abstract:
Studi ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan media
pembelajaran Wordwall berbasis kebudayaan terhadap keterampilan menganalisis
siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kampung Bharu Malaysia. Metode
digunakan dalam penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan
eksperimen. Populasi yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV, sementara sampel yang digunakan yaitu seluruh sisva kelas IV yang terdiri dari
10 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa metode, yaitu observasi,
tes, dan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang diterapkan mencakup uji
instrument data dan pengujian hipotesis, diperoleh hasil bahwa pada pre-test,
diperoleh nilai t = 25.482 > 1.85955 ttabel dengan df = 9 Serta diperoleh nilai
260
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 03, September 2025
signifikansi sebesar 0.000,>dari 0.05, dengan persentase sebesar 46,40%,
kemudian pada post-test, menunjukan peningkatan yang signifikan dimana
diperoleh nilai t = 83.422 > 1.85955 dengan df = 9 serta nilai signifikansi 0.000 lebih
kecil dari 0.05, maka hasil ini dinyatakan signifikan secara statistik dengan
persentase 78,70%. Maka, penggunaan media pembelajaran Wordwall yang
berbasis
kebudayaan secara signifikan memberikan kontribusi dalam
pengembangan keterampilan analisis siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah
Kampung Bharu, Malaysia. Penggunaan media ini terbukti efektif dalam mendorong
keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman materi secara kontekstual, dan
meningkatkan kemampuan berpikir analitis.