Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana film G-30S/PKI di Kampung Bharu
Learning Center memengaruhi pemahaman siswa tentang keberagaman. Penelitian ini menggunakan
metodologi kuantitatif dan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan ini dipilih karena
menggunakan film G-30S/PKI sebagai alat bantu mengajar untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang
keberagaman. Penelitian ini, yang melibatkan dua siklus dengan empat langkah masing-masing—
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi—dilakukan secara kooperatif oleh peneliti dan guru.
Pemahaman murid-murid Kampung Bharu Learning Center tentang keberagaman meningkat akibat
digunakannya film G-30S/PKI sebagai alat bantu pengajaran, berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan. Temuan analisis data kuesioner, uji wawasan keberagaman (tes awal dan tes akhir), dan
pengamatan yang dilakukan sepanjang proses pembelajaran semuanya menunjukkan betapa bermanfaatnya
film ini. erdasarkan hasil angket, sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan video
G-30S/PKI dalam pembelajaran, dengan skor rata-rata respon sebesar 91,42 yang termasuk dalam kategori
Sangat Baik Hal ini menunjukkan bahwa selain menarik perhatian siswa, konten video juga dapat
meningkatkan keterlibatan dan partisipasi aktif mereka dalam mempelajari beragam cita-cita.