dc.description.abstract |
Air merupakan salah satu kebutuhan dasar fisiologis yang fungsinya sangat vital
untuk kebutuhan hidup manusia. Banyaknya kebutuhan air di wilayah Sunggal,
membuat Perumda Tirtanadi Cabang Sunggal perlu melakukan perbaikan untuk
meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya. Hal ini harus dilakukan agar
perusahaan mampu mengatasi keluhan-keluhan dari pelanggan. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisa tingkat kepuasan pelayanan pelanggan pada
Perumda Tirtanadi Cabang Sunggal. Metode yang digunakan untuk mengukur
kualitas pelayanan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Impotance
Performance Analysis (IPA). Responden dalam penelitian ini berasal dari
pelanggan di wilayah Sunggal dengan jumlah 395 responden. Hasil yang
diperoleh dengan menggunakan metode CSI bahwa tingkat kepuasan pelanggan
terhadap layanan Perumda Tirtanadi Cabang Sunggal sebanyak 64,7% yang
termasuk dalam kategori cukup puas. Hasil penelitian menggunakan metode IPA
kinerja pelayanan berada dalam kategori cukup puas, hal ini berdasarkan dari 17
atribut. 9 diantaranya berada pada kuadran II yang peru dipertahankan pihak
Perumda Tirtanadi Cabang Sunggal, 2 atribut berada di kuadran I dan 6 atribut
berada pada kuadran III. |
en_US |