Research Repository

EVALUASI INTERAKSI TANAH STRUKTUR DAN RESPON DINAMIS TANAH TERHADAP ABUTMENT JEMBATAN KERETA API BH 38 BAJA LINGGEI - SIANTAR

Show simple item record

dc.contributor.author Priyanto, Derry
dc.date.accessioned 2025-09-24T08:52:45Z
dc.date.available 2025-09-24T08:52:45Z
dc.date.issued 2025-09-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28639
dc.description.abstract Perencanaan jembatan konvensional seringkali mengasumsikan tumpuan jepit (fixed base), yang mengabaikan Interaksi Tanah-Struktur (SSI). Pendekatan ini dapat menghasilkan analisis yang kurang akurat, terutama pada struktur yang berada di atas tanah non-kaku, yang berpotensi menghasilkan desain yang terlalu konservatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh SSI terhadap respon dinamis, khususnya perpindahan (displacement) pada abutment Jembatan Kereta Api BH-38 Baja Linggei – Siantar, dan membandingkannya dengan kriteria batas layan. Metodologi penelitian menggunakan analisis elemen hingga dengan membandingkan empat model: (1) jembatan utuh dengan tumpuan jepit, (2) jembatan utuh dengan SSI yang dimodelkan sebagai pegas nonlinier (p y), (3) substruktur terisolasi dengan tumpuan jepit, dan (4) substruktur terisolasi dengan SSI. Beban gempa dianalisis menggunakan metode spektrum respons sesuai SNI 2833:2016. Hasil analisis menunjukkan bahwa model yang paling realistis (Model 2: Utuh-SSI) menghasilkan perpindahan puncak kepala tiang abutment sebesar 17,62 mm , sementara metode desain konvensional (Model 3: Substruktur-Fixed) menghasilkan perpindahan yang jauh lebih besar, yaitu -40,16 mm. Jika dibandingkan dengan batas izin layan 1 inci (25,4 mm) , hasil dari analisis SSI (Model 2) menunjukkan bahwa struktur memenuhi syarat , sedangkan hasil dari pendekatan konvensional (Model 3) justru melebihi batas tersebut. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa pengabaian efek SSI menyebabkan sistem jembatan menjadi terlalu kaku, menarik gaya gempa yang lebih besar, dan menghasilkan estimasi perpindahan yang sangat konservatif. Penerapan analisis SSI terbukti krusial untuk memperoleh evaluasi kinerja struktur yang lebih akurat, aman, dan ekonomis. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Interaksi Tanah-Struktur en_US
dc.subject Abutment Jembatan en_US
dc.subject Analisis Dinamis en_US
dc.subject Beban Gempa en_US
dc.subject Metode Elemen Hingga en_US
dc.title EVALUASI INTERAKSI TANAH STRUKTUR DAN RESPON DINAMIS TANAH TERHADAP ABUTMENT JEMBATAN KERETA API BH 38 BAJA LINGGEI - SIANTAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account