Abstract:
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Media Interaktif Berbasis ICT
(Information And Communication Technology) terhadap Minat Belajar IPAS
Siswa Kelas V SD Ar- Rahman. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu
bagaimana pengaruh media interaktif berbasis ICT (information and
communication technology) yang berupa video terhadap minat belajar IPAS siswa
kelas V SD Ar- Rahman. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD Ar-Rahman.
Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan
angket. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t test
yang didahului dengan uji validitas instrumen dan hipotesis. Data yang diperoleh
menunjukan bahwa penggunaan media interaktif mempunyai nilai signifikan
sebesar 0,000. Maka nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang berikan oleh masing-masing
variabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat adanya pengaruh
penggunaan media intraktif terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil
analisis data yang dilakukan memperoleh rata-rata minat belajar siswa sebelum
perlakuan 60,4 sedangkan psesudah perlakuan 82,5. Jadi dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh media interaktif berbasis ICT (information and
communication technology) terhadap minat belajar IPAS siswa kelas V SD Ar-
Rahman.