Abstract:
Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh literasi keuangan, product knowledge dan religiusitas terhadap minat
mahasiswa transaksi, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi
keuangan dan product knowledge terhadap religiusitas, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah terhadap minat mahasiswa
transaksi melalui religiusitas dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
product knowledge terhadap minat mahasiswa transaksi melalui religiusitas di Bank
Syariah pada Mahasiswa Ekonomi Manajemen Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Stambuk 2020 sebanyak
370 mahasiswa, dengan sampel penelitian sebanyak 79 mahasiswa yang dilakukan
dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Kuesioner (Angket) dan Wawancara Interview. Teknik
analisis yang dalam penelitian menggunakan SmartPLS (Partial Least Square)
mulai dari pengukuran model (outer model), struktur model (inner model) dan
pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh literasi
keuangan syariah terhadap minat mahasiswa transaksi, ada pengaruh product
knowledge terhadap minat mahasiswa transaksi, ada pengaruh religiusitas terhadap
minat mahasiswa transaksi, ada pengaruh literasi keuangan syariah terhadap
religiusitas, ada pengaruh product knowledge syariah terhadap religiusitas, ada
pengaruh literasi keuangan syariah terhadap minat mahasiswa transaksi melalui
religiusitas dan ada pengaruh product knowledge terhadap minat mahasiswa
transaksi melalui religiusitas di Bank Syariah pada Mahasiswa Ekonomi
Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.