Abstract:
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui Tingkat kevalidan media. (2)
Mengetahui tingkat kepraktisan media. (3) Mengetahui bagaimana produk Smart
Pinwheel pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas II.. Model pengembangan
yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan ADDIE yang
terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) Analyze atau Analisis; (2) Design atau Perancangan;
(3) Development atau Pengembangan; (4) Implementation atau Penerapan; (5)
Evaluation atau Evaluasi. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap
Implementation atau Penerapan, dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran Smart Pinwheel pada mata
Pelajaran Bahasa Indonesia kelas II. Berdasarkan hasil validasi terhadap media
Smart Pinwheel 95% untuk ahli materi, 93% untuk ahli media, 95% untuk ahli
bahasa, artinya media pembelajaran masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Hasil
kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon peserta didik diperoleh nilai
87% dan untuk respon guru diperoleh nilai 90%, artinya media pembelajaran masuk
dalam kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut disimpulkan
bahwa media pembelajaran Smart Pinwheel dinyatakan sangat valid dan sangat
praktis.