Abstract:
Tujuan Penelitian ini untuk : (1) Untuk mengetahui pengembangan media papan
kosakata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 21
Medan. (2) Untuk mengetahui tingkat kevalidan media papan kosakata pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 21 Medan. (3) Untuk
mengetahui tingkat kelayakan media papan kosakata pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia kelas III SD Muhammadiyah 21 Medan. Metode yang digunakan pada
penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini,
yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : (1) analysis (analisis), (2) design
(desain), (3) development (pengembangan), (4) implementation (penerapan), dan
(5) evaluation (evaluasi). Penelitian ini menghasilkan media papan kosakata di
kelas III SD Muhamamdiyah 21 Medan. Berdasarkan hasil validasi ahli media
memperoleh 90%, hasil validasi ahli materi memperoleh 91% dan hasil validasi ahli
desaian memperoleh 87,5%. Hasil kepraktisan terhadap media papan kosakata
untuk merespon guru 92% dan untuk respon siswa diperoleh sebanyak 93%, artinya
media pembelajaran masuk kedalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan kosakata sudah
dinyatakan sangat valida dan sangat praktis.