Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar
Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) serta
mengetahui sejauh mana implementasi tersebut mampu membentuk karakter
siswa kelas V di SDN 064965 Sidodame, Kota Medan. Latar belakang dari
penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan karakter yang terintegrasi
dalam kurikulum melalui penguatan profil pelajar Pancasila yang mencakup enam
dimensi utama, yaitu: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, gotong royong, kebhinekaan global, dan
kreatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PKN telah dilakukan
melalui kegiatan intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar, meskipun
masih terdapat tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru dan kurangnya
fasilitas pendukung. Secara keseluruhan, implementasi ini memberikan dampak
positif terhadap pembentukan karakter siswa yang lebih religius, disiplin,
bertanggung jawab, serta memiliki semangat kebangsaan. Penelitian ini
diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dan sekolah dalam mengoptimalkan
pelaksanaan profil pelajar Pancasila guna mencetak generasi yang berkarakter dan
berdaya saing global.