Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan modul interaktif
berbasis pendekatan self-efficacy untuk meningkatkan kemampuan literasi
matematis siswa pada materi SPLDV kelas XI. Metode penelitian menggunakan
model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Implement, Evaluate). Subjek
penelitian
meliputi
dosen pendidikan matematika FKIP Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara, guru, dan siswa kelas XI-IPA MAS
Muhammadiyah 01 Medan. Hasil validasi materi menunjukkan modul memenuhi
kriteria sangat valid dengan persentase 85,9% dan Validasi desain memenuhi
kriteria sangat valid dengan persentase 81,25%. Hasil kepraktisan oleh guru
menunjukkan modul memenuhi kriteria persentase 94,5%, dan hasil keefektifan
siswa menunjukkan modul memenuhi kriteria persentase 88,58%. Skor literasi
matematis siswa mencapai 87,1% dengan N-gain 0,77 % “tinggi’’. Dengan
demikian,
modul interaktif elektronik berbasis self-efficacy efektif dalam
Meningkatkan literasi matematis siswa pada materi SPLDV.