Research Repository

PERBANDINGAN PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU DENGAN METODE MDP 2017 DAN MDP 2024 PADA PROYEK PEKERJAAN JALAN AEK NATOLU - AJIBATA

Show simple item record

dc.contributor.author SHINTA, SALSABILA AYU
dc.date.accessioned 2025-09-20T04:39:21Z
dc.date.available 2025-09-20T04:39:21Z
dc.date.issued 2025-08-25
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28563
dc.description.abstract Jalan Aek Natolu - Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara merupakan Jalan Kabupaten yang memiliki panjang 10,7 km dan lebar jalan 6-8 m. Jalan ini memiliki 2 jenis perkerasan yaitu perkerasan lentur di STA 0+000 s.d 4+650, STA 4+700 s.d 7+600, STA 8+800 s.d STA 9+200 dan STA 9+450 s.d STA 10+700 serta perkerasan kaku di STA 4+650 s.d STA 4+700, STA 7+600 s.d 8+800, dan STA 9+200 s.d STA 9+450. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manual Desain Perkerasan 2017 dan Manual Desain Perkerasan 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan tebal perkerasan lentur dan perkerasan kaku dengan MDP 2017 dan MDP 2024. Berdasarkan hasil penelitian yang di dapat untuk lapisan perkerasan lentur 2017 sebagai berikut: 40 cm untuk base A, 6 cm untuk AC-BC, 4 cm untuk AC-WC dan 17,5 cm untuk timbunan pilihan. Sedangkan untuk tebal lapis perkerasan lentur 2024 menghasilkan tebal lapis HRS - WC 5 cm, LFA kelas A 15 cm, LFA kelas B 15 cm dan timbunan pilihan 30 cm. Sementara itu, untuk perkerasan kaku 2017 menghasilkan ketebalan pelat beton 265 mm dan ketebalan lapis fondasi agregat 150 mm. Sedangkan tebal lapis perkerasan 2024 menghasilkan ketebalan pelat beton 200 mm yang lebih tipis untuk kategori jalan kolektor dengan beban lebih ringan, dan ketebalan lapis fondasi agregat 250 mm. Secara keseluruhan, perbedaan ini dipengaruhi oleh perubahan parameter desain dan asumsi beban kendaraan dalam Manual Desain Perkerasan terbaru, yang bertujuan untuk meningkatkan akurasi dan ketahanan struktur perkerasan jalan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject MDP 2017 en_US
dc.subject MDP 2024 en_US
dc.title PERBANDINGAN PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU DENGAN METODE MDP 2017 DAN MDP 2024 PADA PROYEK PEKERJAAN JALAN AEK NATOLU - AJIBATA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account