Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas
IV SD Swasta Bakti 1 Medan dengan menerapkan model pembelajaran
Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus .
Dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Swasta Bakti 1 Medan
berjumlah 10 siswa laki-laki dan 10 siswa Perempuan. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal tes. Teknis analisis data
yang digunakan yaitu Teknik perhitungan analisis lembar observasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar ipa
dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learnimg.
Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil perolehan data dari
siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar dari pra-penelitian hingga siklus II. Pada pra
penelitian, rata-rata nilai siswa adalah 59 dengan tingkat ketuntasan 35%
(7 siswa tuntas). Pada siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 68
dengan tingkat ketuntasan 32% (6 siswa tuntas). Pada siklus II, rata-rata
nilai mencapai 85 dengan ketuntasan 85% (17 siswa tuntas).Dengan
demikian, penerapan model pembelajaran PjBL terbukti dapat
meningkatkan hasil belajar IPA siswa baik dari segi rata-rata nilai maupun
persentase ketuntasan.