Abstract:
Kota Medan sebagai Ibukota dari Provinsi Sumatera Utara yang memiliki
perkembangan pesat dalam kegiatan ekonomi, sosial, budaya dan kegiatan
lainnya. Hal ini ditandai dengan aktivitas penduduk yang relatif tinggi seiring
dengan kegiatan pergerakan barang dan jasa untuk pemenuhan kebutuhan
masyarakat kota Medan maupun kawasan disekitarnya. Adapun penelitian ini
dilakukan Untuk mengetahui efektifitas sistem satu arah terhadap kinerja
tingkat pelayanan dan tingkat pelayanan jalan pada Jalan Bambu II. Volume
Kendaraan pada Jalan Bambu II sebelum perubahan sistem jalan satu arah
adalah C = 2471,4 smp/jam, sedangkan Volume Kendaraan setelah perubahan
sistem jalan satu arah adalah C = 1106,05 smp/jam. Kapasitas Jalan Bambu II
sesuai dengan geometrik Jalan Bambu II sebesar 3575,8 smp/jam. Kelas
Hambatan Samping (KHS) pada Jalan Bambu II memiliki tingkat hambatan
samping Sangat Rendah (SR). Tingkat Pelayanan pada Jalan Bambu II berada
di level B dengan nilai VC Rasio 0,30.