Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Komik
Matematika berbasis permainan tradisional pada materi kekongruenan, guna
meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Penelitian ini
menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-4 SMP
Muhammadiyah 7 Medan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli,
soal pretest dan posttest, serta angket respon siswa. Hasil penelitian ini: 1) peneliti
telah menghasilkan Media Pembelajaran Komik Matematika berbasis permainan
tradisional; 2) hasil penilaian Media Pembelajaran Komik Matematika dari ahli
materi dengan presentase nilai 92,5% dengan kategori sangat valid, penilaian
Media Pembelajaran Komik Matematika dari ahli media dengan presentase 80%
dengan kategori valid; dan penilaian Media Pembelajaran Komik Matematika dari
ahli bahasa dengan presentase 82% dengan kategori valid; 3) hasil uji coba pada
kelas IX-4 melalui pretest dan posttest siswa menunjukkan adanya peningkatan
pemahaman konsep yang signifikan, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,7034 dan
termasuk dalam kategori tinggi; 4) hasil uji coba penilaian pada kelas IX-4 melalui
angket respon siswa dengan rata-rata presentase 89% dengan kategori sangat
efektif. Dari hasil penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, hasil postest siswa,
dan respon siswa, maka Media Pembelajaran Komik Matematika yang
dikembangkan valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran oleh siswa.