Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan sekolah terhadap penerapan pembelajaran
online (E-learning) di SMP Muhammadiyah 8 Medan dan mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi peningkatan dalam penerapan E-learning. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan menjadi beberapa dan
menggunakan skala penilaian yang dengan tiga kategori. Penelitian ini menggunakan tiga
faktor ELR yaitu (1) kesiapan peserta didik (2) kesiapan guru (3) Infrastrastruktur.
Partisipannya yang menjadi responden pada penelitian ini adalah guru SMP Muhammadiyah
8 Medan yang berjumlah 11 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya kesiapan pembelajaran dengan mengunakan
E- learning namun membutuhkan sedikit peningkatan dengan skor keseluruhan ELR x = 3,70
tiga faktor dari tiga faktor yang diajukan menunjukan kategori siap namun dengan adanya
sedikit peningkatan. Ketiga faktor tersebut adalah a. Faktor kesiapan peserta didik dengan
skor ELR x = 3,76 b. Faktor kesiapan Guru dengan Skor ELR x = 3,74 c. Faktor
Infrastruktur dengan skor ELR x = 3,62 sehingga dikategorikan siap tetapi masih perlunya
peningkatan dalam menerapkan sistem pembelajaran online di sekolah.