Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan parkir pada badan jalan yang
sering terjadi di kawasan komersial padat aktivitas, khususnya di Pajak USU pada
Jalan Jamin Ginting, Medan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh keberadaan parkir di badan jalan terhadap kinerja lalu lintas di ruas jalan
tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik parkir serta menilai
tingkat pelayanan (Level of Service) pada ruas Jalan Jamin Ginting. Penelitian
dilakukan dengan metode survei lapangan selama satu minggu, yang kemudian
dianalisis menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Data
yang dikaji meliputi volume lalu lintas, hambatan samping, kapasitas jalan, derajat
kejenuhan, serta karakteristik parkir seperti akumulasi, volume, indeks, dan durasi
parkir. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada jam puncak diperoleh nilai
hambatan samping sebesar 648,5 smp/jam/2 arah dengan Kelas Hambatan Samping
Tinggi (T). Derajat kejenuhan pada arah Padang Bulan–USU dan USU – Padang
Bulan yang terdapat habatan samping yaitu 1,90 smp/jam dan arah Padang Bulan –
USU dan USU- Padang Bulan yang tidak terdapat hambatan samping yaitu 1,67.
Kondisi ini menghasilkan tingkat pelayanan jalan F, yang berarti arus yang
dipaksakan atau macet, kecepatan rendah, volume diatas kapasitas, antrian panjang
dan terjadi hambatan-hambatan besar. Maka, keberadaan parkir di badan jalan di
Pajak USU sangat memengaruhi kinerja lalu lintas dengan menurunkan kapasitas
dan memperburuk tingkat pelayanan jalan. Oleh karena itu, diperlukan
pengendalian parkir yang lebih teratur dan penataan ruang parkir alternatif untuk
meningkatkan kelancaran lalu lintas.