Research Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS GAME EDUKASI QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUANPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author ALYA RAHMA, SITORUS
dc.date.accessioned 2025-09-11T12:38:58Z
dc.date.available 2025-09-11T12:38:58Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28359
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis game edukasi quizizz terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan seberapa besar pengaruh di kelas VIII di MTs Insan Cita. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Insan Cita dengan menggunakan sampel yang terdiri dari 20 siswa, 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon signed-rank test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep sebelum penerapan PBL mempunyai nilai rata-rata 57.15 dan setelah penerapan PBL meningkat menjadi 87.45. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon signed-rank test menunjukan nilai signifikansi (Asymp. Sig.) diperoleh < 0.001, yang berarti lebih kecil dari 0.05. perhitungan cohen’s d dengan hasil d = 5.33 yang menunjukan nilai interprestasi lebih menunjukkan pengaruh besar. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model problem based learning berbansis game edukasi quizizz terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs Insan Cita di kelas VIII. en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Quizizz, en_US
dc.subject Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS GAME EDUKASI QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUANPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account