Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning berbasis game edukasi quizizz terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa dan seberapa besar pengaruh di kelas VIII di MTs Insan Cita.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Insan Cita dengan menggunakan sampel yang
terdiri dari 20 siswa, 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon signed-rank test. Hasil penelitian
menunjukkan kemampuan pemahaman konsep sebelum penerapan PBL
mempunyai nilai rata-rata 57.15 dan setelah penerapan PBL meningkat menjadi
87.45. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon signed-rank test menunjukan nilai
signifikansi (Asymp. Sig.) diperoleh < 0.001, yang berarti lebih kecil dari 0.05.
perhitungan cohen’s d dengan hasil d = 5.33 yang menunjukan nilai interprestasi
lebih menunjukkan pengaruh besar. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan dari model problem based learning berbansis game edukasi
quizizz terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTs Insan Cita
di kelas VIII.