Research Repository

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS BBL MENGGUNAKAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Show simple item record

dc.contributor.author WENI INDRIA, NINGSI
dc.date.accessioned 2025-09-11T12:23:04Z
dc.date.available 2025-09-11T12:23:04Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28353
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap Pengembangan LKPD Berbasis BBL Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret. Adapun subjek dalam penelitian adalah sekelompok kecil dari siswa kelas X SMAN 1 Aek-Kuo yang berjumlah 30 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah bahan berupa LKPD Berbasis BBL Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang pada pokok bahasan Barisan dan Deret. Model Pengembangan LKPD yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation), dan eveluasi (evaluation). LKPD yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan dengan menggunakan lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi mate l ri mempe l role l h skor rata-rata yaitu 3,78 dan pe l rse l ntase l ke l validan mate l ri yaitu 94,5%. Pada validasi me l dia han skor yaitu 3,84 dan pe l rse l ntase l ke l validan me l dia yaitu 96%. Adapun hasil role l uji ke l praktisan LKPD dapat dilihat dari hasil le l mbar angke l t re l spon pe l se l rta didik. Dari hasil lembar angke l t re l spon pe l se l rta didik di ke l las X SMAN 1 Aek-Kuo yang berjumlah 30 orang pe l se l rta didik diperoleh nilai ke l se l luruhan angke l t yaitu 89,75%. fe l e l Uji ke l ktifan LKPD dapat dilihat dari (1) ke l tuntasan be l lajar siswa se l cara klasikal yaitu minimal 85% siswa yang me l ngikuti pe l mbe l lajaran mampu me l ncapai skor minimal 75,(2) ke l te l rcapaian tujuan pe l mbe l lajaran 75%, dan (3) waktu mbe l pe l lajaran. Diperoleh data ke l tuntasan be l lajar siswa se l cara klasikal dari hasil mampuan be l ke l rpikir kritis mencapai 100%, ke l te l rcapaian tujuan pe l mbe l lajaran ngan krite l rcapai de l te l rbe l pe l ria >75 % dari skor maksimum tiap butir, dan tidak te l rdapat daan antara pe l ncapaian waktu pe l mbe l lajaran. LKPD berbasis BBL untuk hasil mampuan be l s ke l te l krite l rpikir kritis siswa me l ningkat yaitu 15 orang me l mpe l role l h hasil ria tinggi (g > 0,7) dan 15 orang siswa me l mpe l role l h hasil krite l ria se l dang (g < rdasarkan pe l 0,7). Be l “Sangat EL fe l rhitungan N-Gain dapat dikatakan bahwa pe l nggunaan LKPD ktif” digunakan untuk me l ningkatkan ke l mampuan be l rpikir kritis siswa X SMAN 1 Aek-Kuo en_US
dc.subject Pengembangan LKPD, en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Barisan dan Deret. en_US
dc.title PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS BBL MENGGUNAKAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account