Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan terhadap Pengembangan LKPD Berbasis BBL Menggunakan
Permainan Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret. Adapun subjek dalam penelitian adalah
sekelompok kecil dari siswa kelas X SMAN 1 Aek-Kuo yang berjumlah 30 orang,
dan objek dalam penelitian ini adalah bahan berupa LKPD Berbasis BBL
Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang pada pokok bahasan Barisan dan Deret.
Model Pengembangan LKPD yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
ADDIE yang terdiri dari analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan
(develop), implementasi (implementation), dan eveluasi (evaluation). LKPD yang
telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan dengan menggunakan lembar validasi
oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi mate l
ri mempe l
role l
h skor rata-rata
yaitu 3,78 dan pe l
rse l
ntase l
ke l
validan mate l
ri yaitu 94,5%. Pada validasi me l
dia
han skor yaitu 3,84 dan pe l
rse l
ntase l
ke l
validan me l
dia yaitu 96%. Adapun hasil
role l
uji ke l
praktisan LKPD dapat dilihat dari hasil le l
mbar angke l
t re l
spon pe l
se l
rta didik.
Dari hasil lembar angke l
t re l
spon pe l
se l
rta didik di ke l
las X SMAN 1 Aek-Kuo yang
berjumlah 30 orang pe l
se l
rta didik diperoleh nilai ke l
se l
luruhan angke l
t yaitu 89,75%.
fe l
e l
Uji ke l
ktifan LKPD dapat dilihat dari (1) ke l
tuntasan be l
lajar siswa se l
cara
klasikal yaitu minimal 85% siswa yang me l
ngikuti pe l
mbe l
lajaran mampu me l
ncapai
skor minimal 75,(2) ke l
te l
rcapaian tujuan pe l
mbe l
lajaran 75%, dan (3) waktu
mbe l
pe l
lajaran. Diperoleh data ke l
tuntasan be l
lajar siswa se l
cara klasikal dari hasil
mampuan be l
ke l
rpikir kritis mencapai 100%, ke l
te l
rcapaian tujuan pe l
mbe l
lajaran
ngan krite l
rcapai de l
te l
rbe l
pe l
ria >75 % dari skor maksimum tiap butir, dan tidak te l
rdapat
daan antara pe l
ncapaian waktu pe l
mbe l
lajaran. LKPD berbasis BBL untuk hasil
mampuan be l
s ke l
te l
krite l
rpikir kritis siswa me l
ningkat yaitu 15 orang me l
mpe l
role l
h hasil
ria tinggi (g > 0,7) dan 15 orang siswa me l
mpe l
role l
h hasil krite l
ria se l
dang (g <
rdasarkan pe l
0,7). Be l
“Sangat EL
fe l
rhitungan N-Gain dapat dikatakan bahwa pe l
nggunaan LKPD
ktif” digunakan untuk me l
ningkatkan ke l
mampuan be l
rpikir kritis siswa
X SMAN 1 Aek-Kuo