Abstract:
Dalam Penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan
bimbingan kelompok dalam meningkatkan pengaturan diri pada siswa kelas VII
MTS Darul Ulum Karang Gading. Dengan mengunakan metode eksperimen
dimana dengan desain pre-tes dan pos-test, dan yang menjadi sample siswa kelas
VII MTs Darul Ulum Karang Gading. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan anatara skor pre-test dan post-test, nilai
t hitung lebih besar dari t table dan nilai signifikansi ( Sig. 2-tailed ) < 0.05, yang
mana berati bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan pengatuaran diri
siswa.dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok
memiliki pengaruh positing dan signifikan terhadap peningkatan pengaturan diri
siswa kelas VII di MTS Darul Ulum Karang Gading
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa
guru bimbingan dan konseling dapat berperan aktif dalam meningkatkan
pengaturan diri siswa, dengan mengunakan layanan bimbingan kelompok yang
terbukti efektif untuk meningkatkan pengaturan diri siswa.