Abstract:
Discovery learning membentuk rencana pendidikan yang mendorong siswa untuk
mempelajari, bereksperimen, serta berbuat sebagai objektif guna mendapatkan
pemahaman yang makin mendalam. Berdasarkan observasi untuk menganalisis
Pengaruh Discovery Learning terhadap Self-Efficacy siswa dalam pembelajaran
materi bilangan matematika. Sehingga dapat diketahui bagaimana pembelajaran
Discovery Learning mempengaruhi persepsi siswa dalam kemampuan materi
bilangan matematika di SMA Komprehensif AL-Ulum Medan. Keyakinan
seseorang terhadap kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas tertentu
disebut self-efficacy. Penelitian ini memanfaatkan desain pretest-posttest di kelas
X-1. Penelitian ini menguji dalam Satu kelas saja dimana Ruangan kelas X-1 yang
menggunakan model discovery learning agar dapat mengetahui penting self
efficacy siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pretest-posttest self
efficacy dalam materi pemahaman. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan
dalam pemahaman siswa tentang self-efficacy di kelas eksperimen nilai
signifikansi (p) adalah 0,05. Hasil ini memberikan bukti bahwa pembelajaran
discovery learning meningkatkan dalam pemahaman siswa tentang bilangan
matematika dan meningkatkan keyakinan mereka terhadap kemampuan mereka.