dc.description.abstract |
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and
Develooment) dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar dalam
bentuk buku saku untuk pembelajaran IPAS pada materi ekosistem di kelas V SD
Swasta Bersubsidi Bakti I. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
proses pengembangan buku saku sebagai bahan ajar, menguju tingkat kevalidannya,
serta menilai kepraktisannya dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem. Model
pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE, yang mencakup tahapan
Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation, namun dalam penelitian
ini hanya sampai pada tahap Implementation. Hasil dari penelitian ini adalah buku saku
pembelajaran IPAS materi ekosistem yang telah divalidasi oleh para ahli dengan hasil
sebagai berikut: validasi dari ahli materi sebesar 97,33% “sangat valid”, validasi dari
ahli media sebesar 96% “sangat valid”, validasi dari ahli bahasa sebesar 98% “sangat
valid”. Untuk menilai kepraktisan, diperoleh hasil dari repon guru sebesar 98% “sangat
praktis”, dan dari uji coba terhadap siswa kelas V SD Swasta Bersubsidi Bakti I yang
terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan didapatkan skor kepraktisan
sebesar 92,29% “sangat praktis”. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa bahan ajar
buku saku yang telah dikembangkan tergolong memiliki tingkat kevalidan dan
kepraktisan yang sangat tinggu, sehingga dinyatakan “layak” digunakan dalam
kegiatan pembelajaran. |
en_US |