Abstract:
Media pembelajaran etnomatematika merupakan sarana penyampaian pesan
pada siswa dalam proses pembelajaran yang berisikan penggabungan antara
matematika dan nilai-nilai kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan media pembelajaran handout etnomatematika pada ornamen
Masjid Raya Binjai materi transformasi geometri guna membantu siswa
memahami matematika melalui konteks budaya. Model Pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang dimodifikasi menjadi
3-D, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan
tahap pengembangan (develop). Objek dalam penelitian ini adalah media
pembelajaran handout etnomatematika. Sedangkan subjek dalam penelitian
ini adalah ornament yang terdapat pada masjid raya Binjai. Instrumen
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli
media dan materi. Kelayakan media pembelajaran handout etnomatematika
dapat dilihat berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan materi.
Berdasarkan hasil validasi diketahui bahwa media pembelajaran handout
etnomatematika memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase validasi
media 90% dan validasi materi 88%, hal ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran handout etnomatematika dinyatakan layak untuk digunakan.