Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Inasha, Yulia
dc.date.accessioned 2025-09-02T03:56:51Z
dc.date.available 2025-09-02T03:56:51Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28260
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle dengan media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa SMP pada materi matematika, khususnya konsep himpunan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnya penggunaan media yang mendukung pemahaman konsep secara menyeluruh. Model Learning Cycle terdiri dari beberapa tahapan eksplorasi, penjelasan, dan elaborasi yang memungkinkan siswa membangun sendiri pemahamannya. Sementara itu, Mind Mapping digunakan sebagai media bantu visual untuk memperkuat pemahaman konsep dan keterkaitan antar materi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII salah satu SMP di [nama kota/kabupaten], yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang terdiri dari soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle dengan media Mind Mapping. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle yang dipadukan dengan media Mind Mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SMP. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Learning Cycle en_US
dc.subject Mind Mapping en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account