Research Repository

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TRIGONOMETRI PADA SISWA SMA

Show simple item record

dc.contributor.author HIDAYAH, MUKMINATU NURUL
dc.date.accessioned 2025-09-02T03:54:11Z
dc.date.available 2025-09-02T03:54:11Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28259
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch dalam meningkatkan pemahaman trigonometri siswa SMA. Trigonometri merupakan salah satu materi matematika yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk membantu siswa memahami konsep-konsep dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Sampel penelitian terdiri dari siswa SMA kelas X yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch dan kelompok control yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data pemahaman trigonometri siswa dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah pembelajaran (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan pemahaman trigonometri antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch menunjukkan peningkatan pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajan interaktif berbasis Scratch efektif dalam meningkatkan pemahaman trigonometri siswa SMA. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran trigonometri di SMA. Guru matematika disarankan untuk memanfaatkan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi trigonometri. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Media Pembelajaran Interaktif en_US
dc.subject Scratch en_US
dc.title KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TRIGONOMETRI PADA SISWA SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account