Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan media pembelajaran
interaktif berbasis Scratch dalam meningkatkan pemahaman trigonometri siswa
SMA. Trigonometri merupakan salah satu materi matematika yang dianggap sulit
oleh sebagian besar siswa. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang
inovatif dan interaktif untuk membantu siswa memahami konsep-konsep dengan
lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain
eksperimen semu (quasi experiment). Sampel penelitian terdiri dari siswa SMA
kelas X yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang
menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch dan kelompok
control yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data pemahaman
trigonometri siswa dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah pembelajaran
(pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
signifikan dalam peningkatan pemahaman trigonometri antara kelompok
eksperimen dan kelompok control. Kelompok eksperimen yang menggunakan
media pembelajaran interaktif berbasis Scratch menunjukkan peningkatan
pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini
menunjukkan bahwa media pembelajan interaktif berbasis Scratch efektif dalam
meningkatkan pemahaman trigonometri siswa SMA. Dengan demikian bisa
disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch
dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran trigonometri di SMA.
Guru matematika disarankan untuk memanfaatkan media pembelajaran interaktif
berbasis Scratch sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan
pemahaman siswa terhadap materi trigonometri.