Research Repository

ANALISIS PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PROSES PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Agustin, Sylvi
dc.date.accessioned 2025-09-02T03:51:27Z
dc.date.available 2025-09-02T03:51:27Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28258
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) yaitu Photomath sebagai media pembelajaran dalam membantu proses penyelesaian soal matematika di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Photomath merupakan aplikasi yang memanfaatkan teknologi AI untuk memindai dan menyelesaikan soal matematika secara instan, sekaligus memberikan langkah-langkah penyelesaian yang sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner kepada siswa dan guru matematika di beberapa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Photomath memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa, meningkatkan minat belajar, serta membantu dalam pembelajaran mandiri. Namun, terdapat pula kekhawatiran mengenai potensi ketergantungan siswa terhadap aplikasi ini tanpa memahami konsep secara mendalam. Oleh karena itu, peran guru dalam membimbing dan mengarahkan penggunaan teknologi ini secara bijak sangat diperlukan agar tujuan pembelajaran tetap tercapai secara optimal. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Photomath en_US
dc.subject Artificial Intelligence en_US
dc.title ANALISIS PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PROSES PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account