Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi berbasis Artificial
Intelligence (AI) yaitu Photomath sebagai media pembelajaran dalam membantu proses
penyelesaian soal matematika di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Photomath
merupakan aplikasi yang memanfaatkan teknologi AI untuk memindai dan
menyelesaikan soal matematika secara instan, sekaligus memberikan langkah-langkah
penyelesaian yang sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
kuesioner kepada siswa dan guru matematika di beberapa SMA. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan Photomath memberikan dampak positif terhadap
pemahaman konsep matematika siswa, meningkatkan minat belajar, serta membantu
dalam pembelajaran mandiri. Namun, terdapat pula kekhawatiran mengenai potensi
ketergantungan siswa terhadap aplikasi ini tanpa memahami konsep secara mendalam.
Oleh karena itu, peran guru dalam membimbing dan mengarahkan penggunaan teknologi
ini secara bijak sangat diperlukan agar tujuan pembelajaran tetap tercapai secara optimal.