Research Repository

ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TEAM’S GAMES TOURNAMENT PADA SISWA SMP

Show simple item record

dc.contributor.author YASINTA, YAYANG
dc.date.accessioned 2025-09-02T03:26:38Z
dc.date.available 2025-09-02T03:26:38Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28257
dc.description.abstract Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta Pelita Medan, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). disebabkan oleh kurangnya antusiasme siswa, minimnya interaksi dalam pembelajaran, dan penggunaan model pembelajaran konvensional yang tidak interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IX-A SMP Swasta Pelita Medan guna mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa, menganalisis aktivitas belajar matematika siswa, dan mengetahui respons siswa terhadap model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (Mixed Method), mengkombinasikan metode kuantitatif dan kualitatif untuk mendapatkan data yang lebih valid dan objektif. Lokasi penelitian adalah SMP Swasta Pelita Medan, dengan sampel 20 siswa kelas IX-A. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes (pretest dan posttest). Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar (posttest), lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP i dengan deskripsi bahwa Ketuntasan hasil belajar siswa secara individual mencapai rata rata 84,7% dan secara klasikal 90%, yang termasuk dalam kategori 'sangat baik' dan 'efektif'. Aktivitas belajar siswa mencapai 77% dengan kriteria “Aktif”' . Respons siswa terhadap pembelajaran juga positif, mencapai 80% dengan kriteria “Aktif'”. Secara keseluruhan, keefektifan pembelajaran mencapai rata-rata 81,45% dan berada pada kategori “efektif”. TGT merupakan alternatif model pembelajaran yang berhasil dan dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) en_US
dc.subject Keefektifan Pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TEAM’S GAMES TOURNAMENT PADA SISWA SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account