Research Repository

PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP AL-WASHLIYAH 31 MEDAN)

Show simple item record

dc.contributor.author HIDAYAH, CINDY NUR
dc.date.accessioned 2025-09-02T03:20:53Z
dc.date.available 2025-09-02T03:20:53Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28255
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Al- Washliyah 31 Medan. Latar permasalahan muncul dari rendahnya keterlibatan aktif siswa akibat metode pembelajaran yang masih dominan bersifat konvensional, sehingga proses belajar cenderung berfokus pada hafalan daripada pemahaman mendalam. PBL dipilih karena menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran melalui pemecahan masalah nyata secara kolaboratif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dilengkapi triangulasi sumber untuk memastikan keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berlangsung terencana, sistematis, dan kontekstual sesuai kebutuhan siswa. Perencanaan guru yang matang menghasilkan strategi pembelajaran berbasis masalah yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam mengidentifikasi masalah, menyusun argumen, berdiskusi, dan menarik kesimpulan. Evaluasi pembelajaran memperlihatkan bahwa PBL berperan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, termasuk kemampuan merumuskan masalah, menganalisis informasi secara logis, mengemukakan pendapat rasional, dan menyusun solusi berbasis bukti. Penelitian ini mengindikasikan bahwa PBL membantu siswa mengembangkan pemahaman materi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang esensial untuk menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject : berpikir kritis en_US
dc.subject deskriptif kualitatif en_US
dc.title PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP AL-WASHLIYAH 31 MEDAN) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account