Research Repository

PENGARUH SRATEGI WHOLE CLASS CHORAL READING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SDS MUHAMMADIYAH 19 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author MADANI S, QAHIRA
dc.date.accessioned 2025-08-27T07:36:15Z
dc.date.available 2025-08-27T07:36:15Z
dc.date.issued 2025-05-25
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28251
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya keterampilan dan kemampuan membaca peserta idik dalam proses pembelajaran terutama bagi siswa kelas III. Ketidakmampuan dalam keterampilan membaca ini disebabkan oleh kurangnya strategi dan metode yang diterapkan oleh guru, serta keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Whole Class Choral Reading Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SDS Muhammadiyah 19 Medan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sisa kelas III SDS Muhammadiyah 19 Medan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Strategi Whole Class Choral Reading sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan membaca siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan 4 uji yaitu expert judgement, uji normalitas, uji homogenitas dan yag terakhir uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji T. Pengujian hipotesis menggunakan Paired sampel T-Test yang didahului oleh uji sebelumnya. Menurut hasil uji t (Independent Samples Test) yang dilaksanakan pada Strategi Whole Class Choral Reading (X) dan keterampilan membaca (Y) menunjukkan nilai (2- tailed) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari 0,05. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian, terdapat dampak dari penggunaan Strategi Whole Class Choral Reading terhadap keterampilan membaca siswa kelas III pada pembelajaran bahasa Indonesia SDS Muhammadiyah 19 Medan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Strategi Whole Class Choral Reading en_US
dc.subject Keterampilan Membaca en_US
dc.title PENGARUH SRATEGI WHOLE CLASS CHORAL READING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SDS MUHAMMADIYAH 19 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account