dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya keterampilan dan kemampuan
membaca peserta idik dalam proses pembelajaran terutama bagi siswa kelas III.
Ketidakmampuan dalam keterampilan membaca ini disebabkan oleh kurangnya
strategi dan metode yang diterapkan oleh guru, serta keterbatasan kemampuan yang
dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Whole Class
Choral Reading Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Pada
Pembelajaran Bahasa Indonesia SDS Muhammadiyah 19 Medan. Metode
penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sisa kelas III
SDS Muhammadiyah 19 Medan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah
Strategi Whole Class Choral Reading sedangkan variabel terikatnya adalah
keterampilan membaca siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunkan 4 uji yaitu expert judgement, uji normalitas, uji homogenitas dan yag
terakhir uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji T.
Pengujian hipotesis menggunakan Paired sampel T-Test yang didahului oleh uji
sebelumnya. Menurut hasil uji t (Independent Samples Test) yang dilaksanakan
pada Strategi Whole Class Choral Reading (X) dan keterampilan membaca (Y)
menunjukkan nilai (2- tailed) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari 0,05. Oleh
karena itu, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol
(H0) ditolak. Dengan demikian, terdapat dampak dari penggunaan Strategi Whole
Class Choral Reading terhadap keterampilan membaca siswa kelas III pada
pembelajaran bahasa Indonesia SDS Muhammadiyah 19 Medan. |
en_US |