Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Program Ruang Belajar
Pintar dan Kreatif dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui bimbingan non
formal di Sanggar Belajar Aisyiyah Kampung Pandan Malaysia. Menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin, penelitian dilaksanakan
dalam dua siklus pada siswa kelas IV SD yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi terhadap aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas guru dari 69%
(siklus I) menjadi 97% (siklus II), aktivitas siswa dari 65% kategori "cukup" menjadi
90% kategori "sangat baik", dan hasil belajar siswa dari skor rata-rata 50 (pra-siklus)
meningkat menjadi 62 (siklus I) dan 85 (siklus II), melampaui KKM yang ditetapkan
(75). Program ini berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan
menyenangkan, mengubah persepsi siswa terhadap belajar, serta meningkatkan
partisipasi aktif mereka dalam proses pembelajaran. Penelitian ini membuktikan
bahwa pendekatan pembelajaran melalui bimbingan non-formal efektif dalam
mengatasi rendahnya minat belajar siswa dan memperkuat integrasi antara
pendidikan formal dan non-formal untuk pengembangan potensi peserta didik
secara optimal.