dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media multiplatform
digital terhadap keterampilan menyajikan hasil karya siswa kelas IV MIS Nurul
Iman. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah
25 orang, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah total dari populasi,
yaitu sebanyak 25 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode pre-eksperimental desain tipe one group pretest-posttest design.
Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan pretest terlebih dahulu sebelum
perlakuan, kemudian diberi perlakuan berupa penggunaan media multiplatform
digital dalam proses pembelajaran, dan selanjutnya diberikan post-test untuk
mengetahui peningkatan keterampilan yang dicapai. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas melalui metode expert
judgment dan uji statistik menggunakan Paired Sample t-Test. Berdasarkan output
dari Paired Sample t-Test, diperoleh nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000
< 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata
yang signifikan antara keterampilan menyajikan hasil karya sebelum dan sesudah
menggunakan media multiplatform digital. Rata-rata nilai pretest adalah 61,
sedangkan rata-rata nilai post-test meningkat menjadi 84. Hasil ini menunjukkan
bahwa penggunaan media multiplatform digital berpengaruh secara positif
terhadap peningkatan keterampilan menyajikan hasil karya siswa kelas IV di MIS
Nurul Iman. |
en_US |