dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Everyone Is a Teacher
Here terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi oleh siswa kelas
X SMA Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan di
SMA Negeri 9 Medan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode
eksperimen. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 243 orang, dan sampel
ditentukan secara acak (Random Sampling) yaitu kelas X1 sebagai kelas
eksperimen dan X2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 35 siswa.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes esai yang mengukur kemampuan
siswa dalam menganalisis unsur pembangun puisi seperti diksi, rima, tipografi,
tema, dan suasana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa pada
kelas eksperimen adalah 84 (kategori baik), sedangkan kelas kontrol hanya
memperoleh rata-rata 57,57 (kategori cukup). Sebanyak 25,71% siswa kelas
eksperimen berada pada kategori sangat baik, dan 74,28% pada kategori baik.
Sementara di kelas kontrol, hanya 5,71% yang masuk kategori baik, 60% kategori
cukup, 22,85% kategori kurang, dan 11,42% kategori sangat kurang. Berdasarkan
hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel (13,09 > 1,66), sehingga H𝑎 diterima. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode
Everyone Is A Teacher Here terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun
puisi siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan. |
en_US |