dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card
terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia
materi kata kerja di kelas II SD Muhammadiyah 13 Medan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa
kelas II A sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa dan siswa kelas II B
sebagai kelas kontrol berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes
dan lembar observasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II
SD Muhammadiyah 13 Medan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji
“t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas II
pada kelas kontrol menunjukkan peningkatan dari nilai pre test sebesar 38,5
menjadi 71,4 pada post test. Kemampuan membaca siswa kelas eksperimen
mengalami peningkatan signifikan setelah diterapkan media flash card, dari nilia
rata-rata pre test 49,3 menjadi 78,75pada post test. Hal ini menunjukkan bahwa
media flash card efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Berdasarkan analisis data dengan hasil perhitungan menggunakan Uji “t”, dilihat
dari hasil Uji Hipotesis. Berdasarkan perhitungan maka Uji “t” yang diperoleh
adalah nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,004. Dengan demikian
nilai signifikansi (2-tailed) 0,004 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang
signifikan berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap
Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 13 Medan. |
en_US |