dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh model think pair share terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Transformasi Energi di Kelas IV SD
Negeri 064964 Sidodame. Metode quasi eksperimental dengan pretest-posttest
control group design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
simple random sampling. Populasi dimana kelas IV A sebagai Kelompok
Eksperimen terdapat 15 siswa yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 8 orang
perempuan dan pada kelas IV B sebagai Kelompok Kontrol terdapat 16 orang terdiri
dari 9 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui
tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064964
Sidodame. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Uji “t”. Berdasarkan
analisis data dengan hasil perhitungan menggunakan Uji “t”, dilihat dari hasil Uji
Hipotesis . Berdasarkan perhitungan maka nilai t yang dihasilkan pada uji paired
sampel t-test adalah -9,255 dengan nilai signifikan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.
Dengan demikian nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan adanya
perbedaan yang signifikan berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima,
dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Think Pair Share terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kelas IV SD Negeri 064964 Sidodame. |
en_US |