dc.description.abstract |
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and
Development) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan
diantaranya yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui tahapan-tahapan
pengembangan media pembelajaran box papan bilangan roda putar uang dalam
pembelajaran matematika di kelas III SD Muhammadiyah 12 Medan. (2)
mengetahui tingkat kevalidan media. (3) mengetahui tingkat kepraktisan
pengembangan media. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran box papan
bilangan roda putar uang untuk sekolah dasar terkhusus kepada siswa kelas III.
Berdasarkan hasil kevalidan terhadap media pembelajaran, untuk ahli materi
memperoleh hasil persentase yaitu 94,5%, untuk ahli media memperoleh hasil
persentase yaitu 95,7%, dan untuk ahli bahasa memperoleh hasil persentase 97,7%,
yang artinya media pembelajaran berkriteria sangat valid atau sangat layak. Hasil
kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 95,7% dan
untuk respon siswa diperoleh 97,6% yang artinya media pembelajaran berkriteria
sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
box papan bilangan roda putar uang dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. |
en_US |