Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui kepala sekolah sebagai manajer, supervisor
dan motivator dalam memberdayakan guru di UPTD SD Negeri 158055 Pinangsori
15 Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis peneliti ini adalah kualitatif deskriptif
penelitian ini dilaksanakan di UPTD SDN 158055 Pinang Sori Kabupaten Tapanuli
Tengah. Subjeknya adalah kepala sekolah, dan guru. Tekhnik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi pada penelitiannya. Tekhnik
analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sebagai manajer dalam
melaksanakan tugas pokok dan guru di UPTD SDN 158055 Pinangsori 15
Kabupaten Tapanuli Tengah menyusun perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan
dan pengawasan kerja sesuai dengan kemampuan kinerja guru. Sedangkan sebagai
supervisor maka kepala sekolah memberikan kesempatan untuk menilai kinerja
guru. Sementara kepala sekolah sebagai motivator yakni dengan memberdayakan
guru (1) membuat perangkat pembelajaran tepat waktu, 2) bertangungjawab
menyelesaikan laporan kerja, 3) bersikap profesional ketika mengajar, 4) para guru
mau menerima saran dan teguran serta kritikan dari kepala sekolah, (5) memberi
kesempatan untuk mengikuti seminar dan KKG, (6) menyarankan guru untuk
melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.