Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi unsur-unsur Total
Quality Management (TQM), faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi TQM,
serta pengaruh implementasi TQM terhadap peningkatan mutu sekolah di SMP
Ngeri 4 Binjai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru, Staf,
Orang tua dan Siswa di SMP Negeri 4 Binjai. Teknik dan prosedur pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga cara yaitu pengamatan
(observasation) untuk memahami kondisi dan tindakan yang terjadi, wawancara
(interview) untuk mengumpulkan informasi berupa perkataan lisan (verbal),
dokumentasi yang bisa berupa tulisan, gambar, dan sebagainya. Data yang
terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik koding. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa manajemen berbasis TQM telah berhasil meningkatkan
kualitas manajemen sekolah secara signifikan. Komunikasi yang intens antar
sekolah, orang tua, dan siswa berperan penting dalam meningkatkan kepuasan dan
kualitas pendidikan. Selain itu, perbaikan berkelanjutan dalam metode pengajaran,
pelatihan guru, penggunaan teknologi turut berkontribusi pada peningkatan kualitas
pengajaran. Kolaborasi antar pemangku kepentingan, evaluasi rutin, dan
pemberdayaan karyawan berperan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang
lebih baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi TQM di
SMP Negeri 4 Binjai meliputi kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru,
fasilitas dan infrastruktur, budaya sekolah yang mendukung. Implementasi TQM
juga berperan dalam peningkatan hasil belajar siswa melalui pelatihan guru dan
pengelolaan pembelajaran yang lebih terstruktur. Selain itu, TQM meningkatkan
efisiensi manajemen yang mendukung fokus siswa dalam belajar. Secara
keseluruhan, implementasi TQM memberikan dampak positif yang signifikan
terhadap kualitas dan mutu sekolah di MP Negeri 4 Binjai