Research Repository

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT BELI MELALUI CUSTOMER TRUST PADA SHOPPE APPS (STUDI KASUS PADA MAHASISWA KOTA MEDAN)

Show simple item record

dc.contributor.author IQBAL, FAHLU RAHMAN
dc.date.accessioned 2025-08-04T03:12:25Z
dc.date.available 2025-08-04T03:12:25Z
dc.date.issued 2025-03-13
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28206
dc.description.abstract Perkembangan e-commerce di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu platform e-commerce yang paling diminati adalah Shopee. Minat beli merupakan perilaku konsumen yang penting untuk diperhatikan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat beli adalah online customer review dan content marketing. Online customer review dapat memberikan informasi yang berharga bagi calon pembeli, sedangkan content marketing dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas konsumen. Selain itu, customer trust juga berperan penting dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review dan content marketing terhadap minat beli melalui customer trust pada aplikasi Shopee di kalangan mahasiswa kota Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa di kota Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada aplikasi Shopee. Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust pada aplikasi Shopee. Content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada aplikasi Shopee. Content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust pada aplikasi Shopee. Customer trust tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada aplikasi Shopee. Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli melalui customer trust pada aplikasi Shopee. Content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli melalui customer trust pada aplikasi Shopee en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Online Customer Review en_US
dc.subject Content Marketing Minat Beli en_US
dc.title PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT BELI MELALUI CUSTOMER TRUST PADA SHOPPE APPS (STUDI KASUS PADA MAHASISWA KOTA MEDAN) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account