dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kemampuan menulis teks
eksplanasi siswa kelas XI dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
student team achievement divisions di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan, 2) untuk
mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI tanpa menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions di SMA Islam
Al-Ulum Terpadu Medan, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe student team achievement divisions terhadap kemampuan menulis teks
eksplanasi siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen
dalam bentuk desain penelitian Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian
ini adalah kelas XI-3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-1
yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini memperoleh nilai
rata-rata kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
yaitu 86,22 dan kelas kontrol menggunakan model konvensional yaitu 71,08, serta hasil
penelitian ini menunjukan kedua variabel menyatakan nilai normalitas dan homogenitas
yang baik diatas nilai standar 0,05. Sedangkan berdasarkan uji hipotesis diperoleh
thitung = 4,7862, selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf
signifikan α = 5% dengan Db= n1+ n2-2 = 69 maka diperoleh ttabel = 1,667. Demikian
dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 4,7862 > 1,667 maka Ha diterima dengan hipotesis
terdapat adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team
Achievement Divisions) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI
SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2024-2025. |
en_US |