Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author HAYANI, WIRDA
dc.date.accessioned 2025-08-04T02:27:35Z
dc.date.available 2025-08-04T02:27:35Z
dc.date.issued 2025-06-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28204
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan, 2) untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dalam bentuk desain penelitian Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu 86,22 dan kelas kontrol menggunakan model konvensional yaitu 71,08, serta hasil penelitian ini menunjukan kedua variabel menyatakan nilai normalitas dan homogenitas yang baik diatas nilai standar 0,05. Sedangkan berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,7862, selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf signifikan α = 5% dengan Db= n1+ n2-2 = 69 maka diperoleh ttabel = 1,667. Demikian dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 4,7862 > 1,667 maka Ha diterima dengan hipotesis terdapat adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2024-2025. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD en_US
dc.subject Menulis Teks Eksplanasi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account